Monday, February 29, 2016

Karya Ilmiah Peluang Bisnis #2 - Peluang Usaha Sukses di Bisnis Kaos Distro

Karya Ilmiah Oleh : Bayu Rahmawan
Mahasiswa S1 Sistem Informasi Stmik Amikom Yogyakarta

Kaos Distro

ABSTRAK

Makalah ini ditulis untuk mendorong pembaca agar dapat mendorong pembaca blog untuk membuat usaha bisnis yaitu Peluang Bisnis dalam Bisnis Distro, sekaligus sebagai tugas akhir dari mata kuliah Lingkungan Bisnis di Stmik Amikom Yogyakarta TA 2015/2016, walaupun diera sekarang ini bisnis distro dikenal indie, namun efeknya dapat menggeser merek-merek lokal yang bermodal besar. Keunggulan distro dapat menyediakan produk yang memiliki desain yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda, dan pada saat ini prospek Bisnis distro dinilai sangat bagus dan prospek untuk bisnis kedepan.

ISI

Jika anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis Anda siap bersaing. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memulai bisnis distro atau clothing company adalah :

  1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.
    Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutuskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluarkan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit, cukup dengan kata atau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.
  2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.
  3. Mencari atau mengefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran.
    Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalu promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha clothing dapat memulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paing penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunkatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas.
 KESIMPULAN
Bisnis usaha distro saat ini sangatlah memungkinkan untuk berkembang pesat. Banyak sekali dari kaum muda hingga orang tua tak malu lagi untuk mencoba produk yang disediakan oleh sebuah distro. Tinggal bagaimana tingkat kreatifitas dan keuletan seseorang mampu mengambil hati masyarakat untuk produk yang disediakannya ini. Dengan mematok harga fashion yang miring ini mampu diminati oleh kalangan kelas atas maupun kelas bawah.
REFERENSI

http://orkalibrary.blogspot.co.id/2014/03/kumpulan-contoh-karya-ilmiah-lingkungan.html
http://cdn.bisnisukm.com/2013/11/bisnis-plan-distro-online-600x324.jpg